November 24, 2017

Pengertian Domain dan Tips Cara Memilih Nama Domain

Posted on 09. Apr, 2015 by in E-commerce, NAVIGASI UTAMA, Perencanaan Usaha

Pertamatama mari definisikan arti dari Domain. Domain adalah suatu nama berformat huruf alphababet, angka serta simbol tertentu yang berfungsi sebagai pengganti format deretan angka yaitu alamat IP client server hosting.

Permisalan: Alamat IP server tempat file website kita disimpan adalah 180.245.226.240 sebenarnya kita bisa saja mengetikkan 180.245.226.240 langsung di browser untuk mengakses website kita tersebut, namun hal ini tentunya sangat tidak baik bagi ingatan orang khususnya ingatan pengunjung website yang mengakses website kita, maka dari itu digunakanlah domain.

domain_name

Untuk meilih sebuah nama domain web harus penuh pertimbangan. Banyak faktor yang harus diperhatikan, contoh nama perusahaan, nama produk, nama sebutan, nama alias, dll. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips untuk memilih nama Domain:

  1. Mudah Diingat
    Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memiliki nama yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs Anda. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari kata-kata yang susah dibaca, dieja atau diketikkan.
  2. Singkat
    Nama domain yang panjang dan rumit akan menyulitkan orang lain, dan akan makin susah untuk diingat. seperti www.kaka.co.id atau www.bro.do adalah contoh yang baik.
  3. Ekstensi yang tepat
    Ada banyak ekstensi domain, .com untuk badan usaha komersial, .net untuk penyedia jaringan ISP atau network, .org untuk lembaga organisasi, .edu untuk lembaga pendidikan, dll. Namun jika sebaiknya, ekstensi .com sejauh ini merupakan ekstensi yang paling mudah diingat dan paling banyak digunakan karena .com kependekan dari commercial, tetapi bila perusahaan anda sudah ber akta resmi, gunakanlah .co.id karena .co.id adalah ekstensi yang mengharuskan pendaftarnya menyerahkan salinan dokumen resmi usahanya kepada kementrian, jadi intinya lebih terpercaya dan terlihat proffesional.
  4. Deskriptif
    Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan Anda mengasosiasikan atau mengumpamakan nama domain dengan usaha Anda.
  5. Tidak menggunakan simbol
    Sebaiknya jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Karena seperti yang sudah disampaikan di poin satu, gunakannklah nama domain yang mudah diketikkan, mudah dalam arti biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung. Jika memang terpaksa, sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang.
  6. Gunakan kata kunci tertarget
    Kita bisa menggunakan kata kunci yang tertarget untuk membuat website atas dasar produk, wilayah, target pasar tertentu, seperti dietsehat.com, kerjasantai.com, bisnisinternet.com, dsb. Tujuannya adalah ketika mencari di search engine walaupun website belum dipasang SEO atau meta data itu akan keluar.
  7. Gabungkan nama merek atau nama perusahaan dengan jenis usaha
    Anda mempunya usaha di bidang produksi atau penjualan taslaptop, dan Anda juga mempunyai nama usaha semisal CV. GX. Maka untuk memudahkan orang mengenal nama usaha dan bisnis yang Anda jalani, ketika hendak memilih nama domain bisa menggabungkan dua elemen ini, menjadi gxtaslaptop.com. Intinya: brand + jenis usaha, atau sebaliknya.

Demikian tips dari kami, untuk mengecek ketersediaan domain dan membeli domain, klik disini.

Mudah mudahan bermanfaat

Source: wikipedia

Leave a Reply

Please fill the required box or you can’t comment at all. Please use kind words. Your e-mail address will not be published.

Gravatar is supported.

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>