November 24, 2017

Tips Memilih Usaha yang Tepat

Posted on 03. Jun, 2015 by in NAVIGASI UTAMA, Pemasaran, Perencanaan Usaha

place-to-be-business-card

Faktor tempat atau lokasi menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kesuksesan usaha. Pemilihan tempat dan persiapan tempat usaha membutuhkan berbagai pertimbangan. Tempat usaha memegang peranan yang sangat mempengaruhi untuk menggaet dan mendapatkan pelanggan. Tempat usaha bukan hanya sekadar tempat yang dapat dipakai untuk usaha, tetapi juga harus mendukung berkembangnya usaha. Untuk itu dalam memilih tempat usaha harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya:

Mudah Akses

Akses kendaraan adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai tempat usaha. Akses yang mudah membuat pelanggan tidak sukar untuk datang. Akses dimaksud adalah mudahnya menemukan kendaraan umum yang menuju atau melewati, ataupun akses untuk dijangkau ketempat harus mudah dilalui treknya. Dengan akses yang mudah membuat pelanggan tidak sungkan untuk kembali. Jika tempat yang dipilih sudah ada ditempati namun akses yang sulit, maka usahakan memberikan petunjuk jalan atau patokan tempat agar mudah ditemukan.

Mudah Terlihat

Selanjutnya, masih sama hubungannya dengan kemudahan akses, syarat tempat usaha adalah mudah terlihat oleh pelanggan. Mudah terlihat dalam hal ini adalah tempat usaha sebaiknya berada dipinggir jalan besar, warna yang menarik, plang nama yang terbaca jelas, mengandung warna khas sehingga pelanggan mudah menandai tempat usaha anda.

Dekat Dengan Target

Pasar atau target pelanggan merupakan kunci utama dalam bisnis industri maupun jasa. Dalam memilih tempat usaha maka syarat ini mutlak harus dipenuhi karena sasaran bisnis adalah pasar, jika bisnis jauh dari pasar atau target penjualan maka perputaran barang atau jasa akan lambat, akibatnya usaha mengalami kerugian. Untuk itu maka syarat yang satu ini tidak boleh diabaikan oleh seorang pengusaha manapun. Walaupun demikian, jika tempat usaha dilakukan di rumah yang jauh dari target pelanggan maka pengusaha harus siap memberikan pelayanan ekstra antar jemput atau memberikan promosi online yang menarik agar menarik pelanggan untuk datang. Cara ini akan efektif untuk menangani masalah tempat yang jauh dari pelanggan.

Legalitas

Usaha memiliki ketentuan-ketentuan hukum yang harus dipatuhi. Salah satu ketentuan hukum yaitu legalitas tempat. Legalitas tempat sangat mempengaruhi kemudahan pengurusan izin usaha ataupun keamanan usaha kedepannya. Aspek legalitas tempat usaha yang harus diperhatikan sebelum memilih tempat adalah adanya Izin Mendirikan Banguan (IMB), Pajak Bumi Banguna (PBB), Sertifikat Hak Milik atas nama pemilik tempat, dan Surat Kontrak. IMB dan PBB mutlak harus ada, namun Sertifikat Hak Milik jika tempat milik sendiri, namun cukup Surat Kontrak Tempat Usaha jika menyewa. Bayangkan bila kedepannya ada pentertiban bangunan sementara bangunan tempat usaha kitu sudah digunakan. Repot

Harga Sewa

Pertimbangan terakhir dalam memilih tempat adalah harga sewa tempat. Harga sewa tempat akan berpengaruh karena menyangkut kesanggupan pengusaha untuk mengembalikan modal nantinya. Jika tempat snagat strategis dan target pasar sangat baik tidak menjadi soal jika harga sewa sedikit mahal, namun jika tidak maka piker-pikir kembali untuk menyewa tempat tersebut.

 

Source: http://new.mozaik.blogdetik.com/

Leave a Reply

Please fill the required box or you can’t comment at all. Please use kind words. Your e-mail address will not be published.

Gravatar is supported.

You can use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>